Resensi buku Pak Harto the Untold Storie

Pak Harto The Untold Stories
Penulis: Anita Dewi Ambarsari, Bakarudin, Donna Sita Indria, Dwitri Waluyo, Mahpudi
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Cetakan: I, Juni 2011
Tebal: 604 Hal

Jujur saya belum baca sampai selesai. Namun, seperti judulnya, buku ini bercerita mengenai sisi lain pribadi pak Harto. Buku ini berisi tuturan 113 orang yang pernah berbicara langsung atau berada dalam situasi langsung dengan pak Harto. Dalam buku ini, diungkap bahwa pak Harto adalah pribadi yang bijak, tidak banyak bicara, dan sayang terhadap keluarga. Pak Harto yang dikenal sebagai “the smiling general” ini ternyata memiliki sisi lain yang begitu menarik untuk kita ketahui. Berbagai peristiwa diungkap dalam buku ini seperti perkataan pak Harto saat istrinya meninggal dan kesedihan yang begitu dalam yang beliau rasakan beliau hadapi dengan tegar meski setelah itu kesehatan beliau berangsur menurun. Dapat kita simpulkan di balik ketegaran pak Harto, sesungguhnya beliau amat terluka karena kehilangan istrinya, Ibu Tien.

Profesor Dr. Emil Salim, Menteri Lingkungan Hidup pada masa pemerintahan Pak Harto, menuturkan kisah yang cukup mengharukan ketika sepasukan tentara disiapkan untuk menembaki serombongan gajah yang dilaporkan memorakporandakan kebun-kebun warga desa transmigrasi di Lampung. Rupanya hewan-hewan besar itu keluar dari hutan karena setiap enam bulan sekali mereka perlu berendam di laut untuk mendapatkan garam.

“Mendengar rencana itu, Pak Harto segera memerintahkan agar para tentara tidak menembaki kelompok gajah pada saat mereka pulang nanti, melainkan menggiringnya melalui jalan yang berbeda, dengan menggunakan peralatan yang bisa menghasilkan bunyi-bunyian seperti genderang dan terompet. Maka pada perjalanan kembali ke habitatnya di atas bukit, gajah-gajah itu tidak lagi menghancurkan kebun dan rumah di desa transmigrasi,” cerita Pak Emil. 

Ide sederhana Pak Harto ini berakhir tidak sederhana. “Setelah berhari-hari mengawal kawanan gajah pulang ke hutan tempat tinggalnya di atas bukit, beberapa tentara meneteskan air mata haru karena dapat merasakan terbitnya kasih sayang di hati mereka terhadap hewan-hewan itu. Presiden Soeharto lantas mengundang semua tentara yang bertugas dari yang berpangkat terendah ke rumahnya di Jalan Cendana. Dengan riang Pak Harto menyalami mereka satu per satu sebagai tanda terima kasih,” kata Pak Emil.

Buku ini tidak hanya menampilkan sisi “pro” kepada pak Harto. Tapi juga kontra dengan narasumber yang kuat seperti lawan politiknya. seperti A.M. Fatwa contohnya. Ia adalah pelawan rezim orde lama dan orde baru hingga dipenjara.

G 30 S

Okay. G30 S aja. ngga pakai PKI. kenapaaaa? karena masih kontroversial sekaleeeh siapa sebenarnya yang mengusung dan menyusun gerakan ini. kaya ada konspirasi gitu -_- huh rebetnya. keren deh misterius gitu sampai sekarang belum diungkap yang sebenarnya gimana fiuh. kayanya lebih baik tetap dijadiin misteri aja kali ya._. soalnya kalau diungkap kemungkinan besar (sangat besar) akan menimbulkan chaos kedua._. mungkin lebih chaos dibanding waktu ada gerakannya itu sendiri. okay, yang bisa kita ketahui dari gerakan ini adalah latar belakangnya.

latar belakang :

gerakan 30 s ini bukanlah gerakan pertama yang dilakukan PKI. sebelumnya PKI udah pernah “bertingkah” dengan pemberontakan tahun 1948 yang dipelopori oleh amir syarifuddin dan muso. tapi berhasil ditumpas oleh pemerintah.

namun, masa demokrasi terpimpin pun datang dan menjadi cahaya bagi PKI. kenapa? karena, pemimpinnya yaitu DN Aidit, deket sama presiden soekarno. dan presiden soekarno terkenal dengan nasakom-nya. yang artinya, pak soekarno men-support komunis. jadi kaya deket gitu antara PKI sama soekarno. PKI dijadikan barisan terdepan demokrasi terpimpin. udah gitu, PKI manut banget sama pak soekarno. pas pak soekarno mau ganyang malaysia, PKI udah siap siap dibarisan depan untuk ganyang malaysia. sampai pas PKI ada isu ditemukannya ” Resume Program dan Kegiatan PKI Dewasa ini ” pak soekarno tetap percaya sama PKI.

disisi lain, ada angkatan darat yang gak suka (pakai banget) sama PKI. pokoknya ga suka lah. yaa merasa lebih berhak lah AD-nya. jadi PKI sama AD itu ‘musuhan’ gitu. pokoknya mereka ingin menjatuhkan satu sama lain.

suatu hari, pak soekarno pingsan. dan kata dokternya, kemungkinannya adalah, kalau bangun, pak soekarno akan lumpuh dan kalau nggak, ya meninggal.

SONTAK PKI SAMA AD SIAP SIAP BUAT JADI PENGGANTINYA PAK SOEKARNO. jeng jeng. mereka ngerebutin itu. dan lucunya, mereka saling membuat isu. diantarnya itu Dewan Jenderal. yaa intinya isu2 tersebut untuk menjatuhkan satu sama lain lah. terus puncaknya pas TNI menolak pembentukan angkatan kelima. terus jadi sebel gitu PKInya. intinya akhirnya PKI ngadain rapat di rumahnya D. N aidit bareng untung, yang mana adalah pemimpin pasukan cakrabirawa, kaya bodyguardnya presiden gituu. kemudian terjadilah JEDEEER. GERAKAN TERSEBUT PUN TERJADI.

Proses terjadinya gerakan :

30 september semuanya siap siap buat jalanin gerakan. pasukan terdiri dari berbagai kalangan sampai ada warga sipilnya._.

terus mereka bagi bagi tugas gitu. Sesuai dengan strategi dan rencana yang telah mereka omongin dirumahnya D. N Aidit,

1) Komando Penculikan dan Penyergapan dipimpin oleh Letnan Satu Dul Arif

2) Komando Penguasaan Kota dipimpin oleh Kapten Suradi

3) Komando Basis dipimpin oleh Mayor(udara) Gatot Sukresno

terus abis itu pasukan yang bertugas buat nyulik kan berangkat buat nyulik jenderal2 yang dijadiin sasaran. abis itu mereka tuh sebenernya ngga bertujuan buat ngebunuh mereka sebenernya cuma harus nyulik terus nanti nunjukin mereka di hadapan soekarno ” ini loh jenderal yang mau meng-kudeta bapak” nah TAPI ENTAH DARIMANA ADA KOMANDO buat bunuh gitu. akhirnya malah pada dibunuhin adalah yang dibunuh dirumahnya. ada lah yang sampai anaknya ketembak. yaitu ade irma nasution (meninggal di rumah sakit) anaknya A. H. Nasution. sedangkan pak Nasution berhasil kabur dan yang di tangkep adalah ajudannya yaitu Pierre Tendean. ANEHNYA, harusnya kan pasukannya kenal gitu loh yang mana A. H. Nasution, ini kenapa mereka bisa tertipu -_- aneh… terus DI Panjaitan juga di tembak dirumahnya gara gara mau do’a dulu terus kelamaan gitu deh. ohiya sampai lupa, 7 jenderal yang diculik itu

  1. Letnan Jenderal Akhmad Yani
  2. Mayor Jenderal Suprapto
  3. Mayor Jenderal M.T. Haryono
  4. Mayor Jenderal S. Parman
  5. Brigadir Jenderal Panjaitan
  6. Brigadir Jenderal Sutoyo Siswomihardjo
  7. Jenderal A. H. Nasution (digantiin sama ajudannya, pierre tendean)

terus abis bunuh2in jenderal, mereka nguasain RRI dan pimpinannya buat dekrit gitu deh. tapi berhasil ditangani.

Keanehan – keanehan gerakan ini :

  1. Harusnya jenderal – jenderal tersebut tidak dibunuh (pada rencana awal) lah ada komando dari siapa nyuruh bunuh?
  2. kenapa mereka ga kenal A. H. Nasution. pas Pierre tendeannya ngaku2 jadi Nasution, percaya percaya aja pula-_-
  3. kudeta sih, tapi kok soekarno masih dianggap pemimpin?
  4. kenapa soeharto ga ikut diculik? secara pangkat, harusnya soeharto diculik juga._. pangkatnya pangkostrad saat itu
  5. pada tanggal 1 oktober, soekarno ke halim. yang mana adalah markas gerakan tersebut._. mau kudeta diri sendiri kah? entahlah-_-
  6.  masih banyak keanehan dan kerancuan lainnya

gerakan ini ada hubungannya juga sama CIA. loh. apa? jadi hubungannya tuh, CIA mengorek banyak informasi dari peristiwa ini

hubungan dengan AD? yang diculik perwira keatas, yang mana, saat itu hidup jauh lebih enak dibanding prajurit2nya._. kaya kecemburuan sosial gitu

setelah peristiwa ini, unsur2 PKI di habisin. dihilangin. anggotanya di… bunuh2in. buanyak banget yang dibunuh. ga sebanding dengan jumlah korban saat terjadinya gerakan.

pendapatku tentang gerakan ini:

tadinya, aku gatau apa – apa soal gerakan ini. yang aku tau cuma, PKI itu jahat. udah. namun semakin kesini, ternyata muncul banyak banget keanehan keanehan gerakan ini. jelas banget gerakan ini kayanya disetting buat jadi misteri haha. tapi memang sih yang berperan banyak dan terlihat banget emang PKI. but who knows the truth? nobody. terlalu banyak keanehan disaat sebelum gerakan, saat terjadinya gerakan, dan sesudah gerakan. sangat rancu. to the max. sayangnya, mereka2 yang terlibat udah pada meninggal, jadi kita gabisa tau yang mana yang bener. tapi mungkin Allah membiarkan ini jadi misteri sepertinya. kalau memang begitu. ya jadiin ini misteri aja deh. kalau kebongkar kayanya ngeri._.

ohiya, aku tidak memihak ataupun menyalahkan pihak manapun. ini tugas sejarah semata

source(s)

Keuntungan dan kerugian konfrontasi

keuntungan kofrontasi :

  • Bangsa Indonesia dapat menguasai seluruh wilayah tanpa adanya pembagian wilayah
  • Bangsa Indonesia dapat membuktikan kepada sekutu bahwa bangsa Indonesia tidak bisa diremehkan
  • meningkatkan semangat juang rakyat Indonesia
  • menyelesaikan masalah secara tuntas

Kerugian Konfrontasi:

  • banyaknya korban dan kerugian

seperti kehilangan anggota keluarga dan harta benda

  • menyebabkan dendam
  • memicu perang yang lebih besar
  • rusaknya lingkungan dan tempat tinggal
  • semakin buruknya hubungan antara Indonesia dengan sekutu

Keuntungan dan kerugian diplomasi bagi bangsa Indonesia

Keuntungannya adalah tentunya berkurangnya jumlah korban dibandingkan dengan berkonfrontasi. hanya perwakilan terpilihlah yang akan berdiplomasi. Diplomasi diharapkan menjadi jembatan permasalahan dan mampu membawa keuntungan bagi kedua negara tanpa pertumpahan darah. Lewat diplomasi, negara  Indonesia setidaknya mendapat kesempatan untuk memperjuangkan apa yang memang milik negara Indonesia. Diplomasi juga dapat menarik simpati negara lain dan turut mendukung Indonesia.

Kerugiannya adalah, diplomasi cukup berbahaya. karena yang melakukan diplomasi adalah orang penting dan merupakan tokoh bangsa. Hasil diplomasi juga sering kali tidak sesuai dengan yang seharusnya. Negara Indonesia sering kali dirugikan dan hasil diplomasi tentunya lebih menguntungkan pihak sekutu. meskipun hasilnya lebih menguntungkan sekutu, pihak sekutulah yang nantinya akan merasa tidak puas dan melanggar perjanjian hasil dari diplomasi tersebut.

Nama Jalan Pahlawan Indonesia di Luar Negeri

Jalan Soekarno di maroko dan mesir

jalan-rue-suokarno-di-maroko

Rue Soukarno, adalah nama sebuah jalan di Maroko sebagai penghargaan kepada Soekarno yang diberikan oleh raja Maroko  atas perannya yang mengizinkan kitab karya ulama Maroko yang dijadikan bahan rujukan wajib di berbagai pesantren di Indonesia.

Jalan-Soekarno-Di-Mesir

Pemimpin Mesir kala itu, Gamal Abdel Nasser memberikan penghargaan kepada Soekarno dengan membuat nama jalan di Mesir dengan namaAhmed Sokarno St. atas hubungan baik antara Indonesia dan Mesir. Bahkah hubungan baik ini sampai tercetus Konferensi Asia Afrika di Bandung. Dan nama Admed di depan nama Sokarno tersebut diberikan oleh para mahasiswa Indonesia yang belajar di Mesir untuk menegaskan bahwa Soekarno adalah seorang Muslim.

Jalan R. A. Kartini Di Belanda

kartini

Kartini adalah pahlawan yang memperjuangkan harkat dan martabat para perempuan dengan karyanya “Habis Gelap Terbitlah Terang” yang disusun oleh Menteri Kebudayaan Agama Dan Kerajinan Hindia Belanda saat itu. Kemudian kerajaan Belanda memberikan penghargaan kepada Kartini dengan membuat nama jalan denganR. A. Kartinistraat. Tidak hanya 1 tapi 3 buah jalan di Belanda menggunakan nama Kartini.

Jalan Mohammed Hatta di Belanda

Jalan-Muhammad-Hatta-Di-Belanda

Pahlawan lainnya yang diabadikan sebagai nama jalan di Belanda adalahmantan Wakil Presiden RIMohammad Hatta atas peran pentingnya pada kemerdekaan Indonesia dengan nama jalan Mohammed Hattastraat

sumber :http://ayointer.net/nama-pahlawan-yang-dijadikan-nama-jalan-di-luar-negeri/

Organisasi semi militer zaman Jepang

Salah satu dampak positif penjajahan jepang di Indonesia adalah, Jepang mengenalkan organisasi ke Indonesia. Nah, ada 2 tipe organisasi pada zaman itu : Militer dan Semi Militer. Tapi, post ini mau bahas yang semi militer aja. organisasi – organisasi semiliter itu diantara :

  1. Seinendan : Organisasi kepemudaan yang di bentuk untuk melatih dan mendidik pemuda agar dapat membela tanah airnya. Namun, ternyata ada maksud tersembunyi dibalik pendirian organisasi ini. Maksud tersembunyi adalah, untuk mendapat tenaga cadangan yang diperlukan untuk kemenangan Jepang. Anggota organisasi berkisar antara 15 – 25 tahun, tapi bergeser ke 14 – 22 tahun
  2. Keibodan : Barisan pembantu polisi
  3. Syusintai : barisan pelopor yang bertujuan untuk membentuk semangat nasionalisme di kalangan pemuda
  4. Fujinkai : Organisasi wanita (beranggotakan 15 tahun keatas). Tugasnya ialah ikut memperkuat pertahanan dengan cara mengumpulkan dana wajib berupa perhiasan
  5. Gakukotai : Barisan para pelajar
  6. Jibakutai : Barisan berani mati

organisasi – organisasi diatas emang di diriin sama jepang, tapi kayanya jadi bumerang buat jepang ya karena bangsa Indonesia kan jadi terlatih dan ber-skill ._.

kenapa warna bendera Indonesia merah – putih?

Hayo. udah 16 tahun hidup di dunia, masih gatau juga kenapa. untung guru sejarahnya ngasih pr ini. jadi googling kan. tau deh kenapa akhirnya hehe._.

Okaay jadi gini, menurut Moh. Yamin, katanya udah dipakai sama orang yang ada di Indonesia saat itu sejak beribu ribu tahun lalu. Katanya merah itu melambang kan Matahari terus putih bulan. ada juga yang bilang, merah itu daging hewan lalu putihnya tumbuhan. banyak pendapat pokoknya. tapi kan itu abstrak banget jadii yang lebih pasti tuh, katanya dari zaman kerajaan kerajaan dulu, emang udah pakai merah putih. Diantaranya :

  1. Kerajaan Majapahit
  2. Bendera perang kerajaan sisingamangaraja IX
  3. Bendera perang pejuang – pejuang Aceh
  4. Kerajaan Bugis Bone -> sebagai simbol kekuasaan dan kebesarah kerajaan bone
  5. Para pelajar dan kaum nasionalis

Naah itulah kenapa, warna bendera Indonesia merah putih._. Jadi kayanya emang udah the chosen colours ya buat Indonesia. Kita Do’ain yang terbaik aja deh kedepannya buat negeri kita yang lagi sakit parah ini.

Teks proklamasi

Assalamu’alaikum

yaaaaak seperti sebelum sebelumnya, lagi lagi post tentang sejarah ._.
blog ini memang *ekhem dipersembahkan untuk pelajaran sejarah beserta perangkatnya alias tugas

okay kali ini tentang proklamasi. 17 Agustus 1945.

tulisan soekarnoproklamasi

Udah liat teksnya? Bayangin aja, cuma 2 paragraf tapi dipikirin semaleman di rumahnya laksamana Maeda. ckckck. Emang ya mereka tuh keren – keren.

Sekarang bandingkan dengan teks proklamasi buatan sendiri ini._. oh iya jangan sampai salah paham ya. ini bukan untuk menandingi teks proklamasi yang ituu tapi untuk merasakan gimana buatnya -_-

PROKLAMASI KEMERDEKAAN

Atas Karunia Tuhan dan perjuangan rakyat indonesia, kami, bangsa Indonesia menyatakan bebas merdeka

Untuk mewujudkan kesejahteraan bangsa Indonesia, akan diatur pelaksanaan lebih lanjut secepatnya bersama kesetiaan pada bangsa Indonesia.

Jakarta, 17 Agustus 1945
Atas nama bangsa Indonesia

Soekarno-Hatta

huuuft kayanya cuma dua paragraf tapi bikinnya susah bangeeeeeet dan kita (tugas kelompok) cuma punya waktu sekitar 30 menit buat bikin ini. tanpa desakan. kelas yang hening dan tentram. Ngga kebayang gimana rasanya jadi founding fathers saat itu yang didesak jepang dan segala tantangan tapi bisa menghasilkan teks yang sarat makna dengan penggunaan kata yang tepat dan menggugah hati rakyat Indonesia.

okay tapi sayangnya kita belum jelasin makna teks proklamasi kita apa. mungkin kalian mikir agak aneh. apalagi kata bebas merdeka. jadi gini, maksudnya bebas merdeka itu kita bener bener merdeka tanpa campur tangan asing negara lain dibelakangnya. kaya malaysia sama singapura misalnya. mereka kan emang udan merdeka tapi tetep ada inggris dibelakangnya. Nah, menurut kita Indonesia harus merdeka sebagai negara yang independen. emang indonesia doang. merdeka yang sesungguhnya.

Selanjutnya di paragraf kedua, kata kesetiaan pada bangsa Indonesia. jadi gini, itu maksudnya apapun yang terjadi kedepannya, kita akan berjuang untuk Indonesia. Setia sama Indonesia. Entah sesuatu yang buruk atau baik. semua perjuangan kita kerahkan bersama dengan rasa setia yang ada dalam diri kita kepada Indonesia. Untuk hal baik, kita lakukan bukan hanya untuk kita tapi juga untuk bangsa Indonesia. Untuk hal buruk juga, kita bela indonesia semampu kita dengan rasa setia yang begitu dalam *ea kepada bangsa Indonesia.

Pergerakan Nasional

Kebangkitan Nasional adalah Masa dimana Bangkitnya Rasa dan Semangat Persatuan, Kesatuan, dan Nasionalisme serta kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia, yang sebelumnya tidak pernah muncul selama penjajahan Belanda dan Jepang. Masa ini ditandai dengan dua peristiwa penting yaitu berdirinya Boedi Oetomo (20 Mei 1908) dan ikrar Sumpah Pemuda (28 Oktober 1928). Masa ini merupakan salah satu dampak politik etis yang mulai diperjuangkan sejak masa Multatuli.

Pada tahun 1912 berdirilah Partai Politik pertama di Indonesia (Hindia Belanda), Indische Partij. Pada tahun itu juga Haji Samanhudi mendirikan Sarekat Dagang Islam (di Solo), KH Ahmad Dahlan mendirikan Muhammadiyah (di Yogyakarta), Dwijo Sewoyo dan kawan-kawan mendirikan Asuransi Jiwa Bersama Boemi Poetra di Magelang. Kebangkitan pergerakan nasional Indonesia bukan berawal dari berdirinya Boedi Oetomo, tapi sebenarnya diawali dengan berdirinya Sarekat Dagang Islam pada tahun 1905 di Pasar Laweyan, Solo. Sarekat ini awalnya berdiri untuk menandingi dominasi pedagang Cina pada waktu itu. Kemudian berkembang menjadi organisasi pergerakan sehingga pada tahun 1906 berubah nama menjadi Sarekat Islam.

Suwardi Suryaningrat yang tergabung dalam Komite Boemi Poetera, menulis “Als ik eens Nederlander was” (“Seandainya aku seorang Belanda”), pada tanggal 20 Juli 1913 yang memprotes keras rencana pemerintah Hindia Belanda merayakan 100 tahun kemerdekaan Belanda di Hindia Belanda. Karena tulisan inilah dr. Tjipto Mangunkusumo dan Suwardi Suryaningrat dihukum dan diasingkan ke Banda danBangka, tetapi karena “boleh memilih”, keduanya dibuang ke Negeri Belanda. Di sana Suwardi justru belajar ilmu pendidikan dan dr. Tjipto karena sakit dipulangkan ke Hindia Belanda. Jadi intinya, sebelum pergerakan nasional banyak organisasi  – organisasi yang memiliki pemimpin hebat untuk menggerakan rakyat.

Saat ini, tanggal berdirinya Boedi Oetomo20 Mei, dijadikan sebagai Hari Kebangkitan Nasional..

Latar belakang :

Faktor Internal

1. karena rakyat merasa tersiksa dan sengsara sejak lama, munculah keinginan untuk melawan

2. kerinduan akan kejayaan masa lampau seperti kerajaan Majapahit

3. munculnya kaum intelektual yang menjadi pemimpin–> Ingat politik ethis

Faktor Eksternal :

1)Adanya  All Indian National Congress 1885 dan Gandhiisme di India.

2)Adanya Gerakan Turki Muda 1908 di Turki.

3)Adanya kemenangan Jepang atas Rusia (1905), yang menyadarkan dan membangkitkan bangsa-bangsa Asia untuk melawan bangsa – bangsa Barat.

4)Munculnya paham-paham baru di Eropa dan Amerika yang masuk ke Indonesia, seperti: liberalisme, demokrasi, nasionalisme; yang kesemuanya mempercepat lahirnya Nasionalisme Indonesia.

(source: http://hikmat.web.id/sejarah-kelas-xi/latar-belakang-lahirnya-pergerakan-nasional-indonesia/)

Berikut tokoh-tokoh yang luar biasa tersebut:

1. Dr. Soetomo (lahir di Ngepeh, Nganjuk, 30 Juli 1888, wafat Surabaya, 30 Mei 1938) adalah tokoh pendiri Budi Utomo, organisasi pergerakan yang pertama di Indonesia. Pada tahun 1903, Soetomo menempuh pendidikan kedokteran di STOVIA, School tot Opleiding van Inlandsche Artsen, Jakarta. Bersama kawan-kawan dari STOVIA inilah Soetomo mendirikan perkumpulan yang bernama Budi Utomo, pada tahun 1908. Setelah lulus pada tahun 1911, ia bekerja sebagai dokter pemerintah di berbagai daerah di Jawa dan Sumatra. Pada tahun 1917, Soetomo menikah dengan seorang perawat Belanda. Pada tahun 1919 sampai 1923, Soetomo melanjutkan studi kedokteran di Belanda. Pada tahun 1924, Soetomo mendirikan Indonesian Study Club di Surabaya.
Tanggal 30 Mei 1938, bangsa Indonesia kehilangan salah satu putra terbaiknya. Sutomo wafat setelah berbuat banyak bagi bangsanya. Untuk mengenang jasanya, Sutomo dimakamkan di Gedung Nasional Bubutan, Surabaya. Dan pada tahun 1961, Sutomo dikukuhkan sebagai Pahlawan Pergerakan Nasional.
2. Ki Hajar Dewantara. Beliau adalah tokoh yang merupakan pelopor pendidikan bagi bangsa Indonesia pada saat zaman penjajahan. Tokoh yang terlahir dengan nama Raden Mas Soewardi Soerjaningrat ini mendirikan perguruan Taman Siswa yang memberikan kesempatan kepada kaum pribumi untuk mengecap indahnya bangku pendidikan. Selain itu beliau juga turut serta dalam pendirian Budi Utomo. Hari Kelahirannya, yakni pada tanggal 2 Mei diperingati sebagai Hari Pendidikan. Selain menjadi tokoh pergerakan nasional, beliau juga menjadi tokoh pendidikan Indonesia. Tanpa beliau, bangsa kita tidak akan pernah menikmati indahnya masa-masa sekolah dan mengenyam pendidikan.

3. Ernest Francois Eugene Douwes Dekker. Tokoh ini masih juga berdarah Indonesia. Namun tidak sepenuhnya. Tetapi keberadaanya bagi Indonesia sangat bermakna. Beliau mendirikan Nationale Indische Partij pada tahun 1912 yang didirikan bersama dr. Cipto Mangunkusumo dan Ki Hajar Dewantara, Nationale Indische Partij merupakan sebuah partai politik. Menilai Budi Utomo terbatas pada bidang kebudayaan saja, maka Douwes Dekker mendirikan sebuah partai politik. Douwes Dekker masih terhitung saudara dengan pengarang buku Max Haveelar, Eduard Douwes Dekker. Douwes Dekker sendiri yang tidak sepenuhnya berdarah Indonesia, namun ia dengan segenap jiwa dan raga berjuang untuk pergerakan nasional Indonesia. National Indische Partij pun aktif dalam berbagai organisasi internasional, seperti Liga Penentang Imperialisme dan Penindasan, serta Liga Demokrasi Internasional untuk menarik perhatian dunia internasional. Douwes Dekker mencurahkan pikiran dan tenaganya demi memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

4. Dr. Cipto Mangunkusumo. Beliau merupakan dokter profesional yang cenderung lebih dikenal sebagai tokoh pergerakan nasional. Bersama dengan Ki Hajar Dewantara dan Douwes Dekker, beliau mendirikan partai politik Nationale Indische Partij. Pada awalnya Dr. Cipto Mangunkusumo bergerak sebagai dokter pemerintahan dibawah Belanda. Namun karena beberapa tulisannya dalam De Express yang cenderung mengkritik kekejaman pemerintahan Belanda, akhirnya beliau diberhentikan sebagai dokter pemerintahan. Hal tersebut membuat beliau semakin intens melakukan perjuangan.

5. H. Agus Salim. Agus salim adalah seorang diplomat ulung, orator, penulis, filsuf, ulama dan ahli bahasa. Ia menguasai sembilan bahasa asing. ( saya merokemen anda untuk membaca artikel yang sangat bagus ini untuk pengetahuan tentang H. Agus Salim lebih jauh : http://www.anneahira.com/gambar-tokoh-pergerakan-nasional.htm )

6. Raden Ajeng Kartini. Beliau lahir pada 21 April tahun 1879 di kota Jepara, Jawa Tengah. Ia anak salah seorang bangsawan yang masih sangat taat pada adat istiadat. Setelah lulus dari Sekolah Dasar ia tidak diperbolehkan melanjutkan sekolah ke tingkat yang lebih tinggi oleh orangtuanya. Ia dipingit sambil menunggu waktu untuk dinikahkan. Kartini kecil tidak berani melawan orang tuanya, maka beliau mengisi waktunya dengan membaca buku yang kemudian menjadi hobinya. Kemudian timbul keinginannya untuk memajukan wanita Indonesia. Wanita tidak hanya di dapur tetapi juga harus mempunyai ilmu. Ia memulai dengan mengumpulkan teman-teman wanitanya untuk diajarkan tulis menulis dan ilmu pengetahuan lainnya. Ditengah kesibukannya ia tidak berhenti membaca dan juga menulis surat dengan teman-temannya yang berada di negeri Belanda. Tak berapa lama ia menulis surat pada Mr.J.H Abendanon. Ia memohon diberikan beasiswa untuk belajar di negeri Belanda, ia juga mengkritisi kolonial Belanda. Setelah menikah, ia mendirikan sekolah wanita.

7. Prof. Mohamad Yamin, SH. Moh. Yamin muda memiliki rasa nasionalisme yang sangat besar. Hal itu dibuktikannya dengan bergabung pada organisasi Jong Sumatranen Bond (JBS) serta Indonesia Muda. Moh. Yamin sering mengkritik pemerintah kolonial Hindia Belanda. Karena keberanian dan kritikannya yang sangat tajam, maka Belanda mencabut beasiswa yang diberikan kepadanya. Namun, Moh. Yamin tidak gentar menghadapinya. Pidato dan kritikan tajam serta ajakannya untuk bersatu melawan penjajah, dikemukakannya pada Kongres Pemuda II di Jakarta. Dalam Kongres Pemuda II di Jakarta, Mohammad Yamin menjabat sebagai sekretaris panitia kongres.
Menjelang kemerdekaan, Mr. Moh. Yamin aktif dalam BPUPKI. Pada tanggal 29 Mei 1945, Mr. Moh. Yamin menyumbangkan pemikirannya tentang dasar negara untuk Indonesia merdeka dalam sidang BPUPKI. Ia juga terlibat dalam Panitia Sembilan di BPUPKI. Mr. Moh. Yamin bahkan yang memberi nama hasil rumusan dasar negara yang dihasilkan Panitia Sembilan dengan sebutan Jakarta Charteratau Piagam Jakarta. Kemudian beliau aktif dalam Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP).

8. H. Oemar Sahid Cokroaminoto. Beliau adalah pendiri Sarekat Islam yang terkenal pandai berpidato dan memberikan pengaruh terhadap generasi-generasi muda.Sempat bekerja sebagai juru tulis di Ngawi sebelum pindah ke Surabaya untuk bekerja di sebuah perusahaan dagang. Aktivitasnya dalam dunia politik dimulai ketika bergabung dalam organisasi Sarekat Dagang Islam (SDI) pada tahun 1912. Atas usulnya, SDI berubah menjadi partai politik yang bernama Sarekat Islam (SI). Di SI, Cokroaminoto menjadi komisaris dan kemudian ketua partai. Sebagai wakil SI dalam Volksraad, bersama Abdul Muis, tanggal 25 November 1918 mengajukan Mosi Cokroaminoto yang menuntut Belanda untuk membentuk parlemen dari dan oleh rakyat.

Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC)

Kongsi Dagang atau Perusahaan Hindia Timur Belanda (Vereenigde Oostindische Compagnie atau VOC) yang didirikan pada tanggal 20 Maret 1602 adalah persekutuan dagang asal Belanda yang memiliki monopoli untuk aktivitas perdagangan di Asia. Disebut Hindia Timur karena ada pula VWC yang merupakan persekutuan dagang untuk kawasan Hindia Barat.

Badan dagang ini istimewa karena didukung dan diberi fasilitas oleh negara. Sehingga bisa dikatakan VOC adalah negara dalam negara.

Berdiri tanggal  20 Maret 1602 dan didirikan di oost-indisch Huis,Amsterdam,Belanda.

Gubernur Jenderal pertama : Pieter Both (1610) berkuasa di Ambon

Gubernur Jenderal kedua : Jan Pieterzoon Coen –> memindahkan pusat VOC dari ambon ke jayakarta (batavia)

Tujuan didirikan :

  1. Menghindari persaingan dagang tidak sehat diantara sesama pedang Belanda sehinggan keuntungan maksimal dapat diperoleh.
  2. Memperkuat posisi Belanda dalam menghadapi persaingan dagang dengan bangsa Eropa lainya.
  3. Membantu dana pemerintah Belanda yang sedang berjuang menghadapi Spayol yang masih menduduki Belanda.

VOC dapat bertahan lama di Indonesia karena memiliki hak istimewa

  • Hak istimewa ( hak octroi ) VOC

Untuk menguasai perdagangan di Indonesia dan dapat melaksanakan tugasnya dengan leluasa , maka VOC diberikan hak-hak istimewa ( Hak Octroi ) dari pemerintah Belanda yang meliputi hal berikut :

  1. Hak monopoli perdagangan
  2. Hak mencetak dan mengedarkan uang
  3. Hak mengangkat dan memperhentikan pegawai
  4. Hak mengadakan perjanjian dengan raja-raja
  5. Hak memiliki tentara sendiri
  6. Hak mendirikan benteng
  7. Hak menyatakan perang dan damai
  8. Hak mengangkat dan memperhentikan penguasa-penguasa setempat.

Dampak positif dan negatif kolonialisme di indonesia :

Dampak positif :

  1. Indonesia mengenal uang
  2. Indonesia menyadari memiliki SDA yang baik
  3. Mempersatukan Indonesia
  4. Tau cara bercocok tanam
  5. Tau cara berperang
  6. Mengetahui system pemerintahan
  7. Mengetahui cara membuat bendungan

Dampak negative

  1. Rakyat Indonesia di jadikan budak
  2. Terjadi kelaparan dimana – mana
  3. Sumber daya alam dikuras habis
  4. Rakyat tersiksa
  5. Sulit berhubungan dengan negeri luar

VOC di bubarkan pada tanggal 31 Desember 1799 karena

1. banyaknya korupsi pegawai-pegawai VOC,

2. anggaran pegawai terlalu besar sebagai akibat makin luasnya wilayah kekuasaan VOC,

3.biaya perang untuk memadamkan perlawanan rakyat terlalu besar, persaingan dengan kongsi dagang negara lain, misalnya dengan EIC milik Inggris,

4. hutang VOC yang sangat besar,

5. pemberian deviden kepada pemegang saham walaupun usahanya mengalami kemunduran,

6. berkembangnya faham Liberalisme sehingga monopoli perdagangan yang diterapkan VOC tidak sesuai lagi untuk diteruskan,

7. pendudukan Perancis terhadap negara Belanda pada tahun 1795.

Apakah ada kongsi dagang lain selain VOC di Indonesia?

jawabannya adalah, ya. Yaitu EIC dan kongsi dagang prancis.